Jumat, 25 April 2014

Cara meningkatkan performa hp symbian

Symbian memang telah lama hadir sebelum adanya kemunculan Android, BlackBerry dan iOS. Namun ponsel generasi lama ini masih dikatakan handal dalam berinternet menggunakan aplikasi ataupun bermain game. Nokia merupakan salah satu hp symbian yang saat ini memang jarang kita dengar, namun masih banyak digunakan saat ini.
HP jenis ini memerlukan perawatan dengan tips khusus untuk tetap dan terus mempertahankan kinerja atau performa HP symbian. Dengan begitu, pengoperasian handphone seperti berinternet, penggunaan aplikasi ataupun bermain akan tetap lancar tanpa kendala. Berikut ini tips cara meningkatkan performa hp symbian.
1. Matikan Koneksi yang Tidak Diperlukan
Salah satu cara perawatan yang terpenting untuk meningkatkan kinerja hp symbian sendiri adalah dengan mematikan koneksi yang tidak diperlukan. Hal tersebut berguna untuk membuat daya tahan baterai lebih lama dan tidak cepat rusak.
Koneksi Symbian
Caranya Anda bisa melakukan konfigurasi dari bar notifikasi melalui homescreen, kemudian swipe layar dari atas ke bawah. Setelah itu, nonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, mobile data, dan koneksi lainnya. Pengaturan koneksi pada jaringan juga diperlukan pada 3G dan 2G. Pengguna sebaiknya tidak memaksakan untuk tetap menggunakan 3G di tempat yang tidak memungkinkan pada saat itu.pengguna dapat mengakses menu setting, lalu connectivity, dan ubah mode jaringan ke GSM (2G). Dengan begitu, akan membuat daya baterai lebih hemat karena baterai tidak dipaksakan untuk mencari sinyal 3G yang tidak tersedia bahkan sulit ditemukan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan power saving di saat kapasitas baterai sedang kritis. Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu menekan tombol off, hingga muncul pilihan untuk mengaktifkan turn power saving on.
2. Hilangkan Widget yang Tidak Diperlukan
Konfigurasi untuk meningkatkan performa hp symbian selanjutnya adalah dengan mengurangi widget yang tidak diperlukan. Menggunakan widget seperlunya tentu akan berpengaruh terhadap kinerja hp symbian. Selain itu, meskipun efeknya kecil namun mengurangi widget juga dapat menambah daya baterai. Oleh karena itu hilangkan lah widget yang sedang dalam keadaan aktif ataupun yang berada di homescreen. Caranya adalah dengan menekan agak lama pada widget, hingga muncul ikon remove untuk menonaktifkannya.
Widget Symbian
3. Gunakan Theme, Wallpaper dan Screensaver Seperlunya
Theme, wallpaper dan screensave memang membuat tampilan ponsel menjadi lebih cantik, namun penggunaan berlebihan ketiga animasi tersebut justru akan membuat kinerja atau performa hp symbian semakin lambat dikarenakan harus me-load animasi tersebut yang membutuhkan daya besar. Mengurangi animasi juga dapat menambah daya baterai sehingga dapat lebih hemat. Oleh karena itu, gunakanlah theme, wallpaper dan screensaver seperlunya saja. Caranya pergi ke settings, lalu pilih general atau screensaver. Sedangkan untuk mengganti wallpaper Anda juga dapat melalui setting, atau melalui homescreen dengan cara menekan agak lama pada wallpaper, sampai muncul opsi pilihan lalu tekan default.
Wallpaper Symbian
4. Atur Pencahayaan
Brightness sejatinya sangat diperlukaan pada saat Anda berada di bawah sinar matahari, agar layar ponsel dapat lebih jelas dilihat. Untuk Anda yang sering bekerja dengan handphone symbian Anda di dalam ruangan, tentunya penggunaan cahaya/brightness dirasa tidak perlu. Oleh karena itu sebaiknya atur pencahayaan ke lebih redup, namun jangan sampai membuat mata sakit melihat. Untuk menurunkan tingkat pencahayaan layar ponsel symbian, Anda dapat pergi ke settings, kemudian pilih phone, lalu display, dan atur brightness Anda sesuai kebutuhan.
Brightness Symbian
5. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan
Meskipun hp symbian memiliki fitur multitasking, namun kinerja multitasking pada symbian tidak sebaik ponsel generasi terbaru saat ini layaknya Android dan iOS. Oleh karena itu ketika menjalankan banyak aplikasi (multitasking) maka hp symbian akan terasa lebih berat. Maka sebaiknya Anda harus menutup aplikasi yang tidak digunakan setelah menggunakannya, tidak hanya menekan tombol home untuk langsung kembali ke homescreen. Caranya Anda cukup menekan tombol menu agak lama, hingga keluar deretan aplikasi yang sedang digunakan. Setelah itu, tutup aplikasi dengan menekan tombol ikon close bagian atas.
Aplikasi Symbian
Selain itu juga terdapat aplikasi yang berjalan di background tanpa kita ketahui. Selain menguras daya baterai ponsel, aplikasi yang berjalan ini juga dapat membuat kinerja hp symbian menjadi lambat. Untuk menghindarinya, nonaktifkan / disable aplikasi-aplikasi yang berjalan di background maupun pada saat auto start. Untuk menonaktifkannya, pergi ke menu settings, kemudian pilih installation, kemudian pilih already installed. Setelah itu klik agak lama pada aplikasi yang ingin dihapus, hingga muncul dan pilih remove untuk menghapusnya.
6. Konfigurasi Flash Internet Perangkat
Yang terakhir adalah yaitu berkaitan dengan konfigurasi internet. Saat menggunakan internet / browsing, jika Anda tidak memerlukan paket data, konten gambar, dan flash sebaiknya dinonaktifkan. Hal ini bertujuan untuk menghemat biaya. Selain itu, dengan mengaktifkan mode teks saja, kinerja ponsel dan kecepatan browsing pun lebih cepat karena tidak terlalu banyak yang diload saat browsing. Caranya, pergi ke browser, pilih settings, dan pilih page. Pada menu tersebut ubah load content menjadi text only..

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

SEO CONTEST

SEO CONTEST
Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Arson comunity
Lihat profil lengkapku

Followers

Postingan Populer